Selamat Datang di Laman Resmi Yayasan Nur Hidayah Surakarta

Keutamaan Memperbanyak Istighfar

Gambar Kosong

 

عنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضِي اللَّه عنْهُما قَال: قالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ :مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ؛ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

'Anibni 'abbas raḍiyallahu 'anhumā qāl: qaala Rasulullahi ṣalallahu 'alaihi wa sallam: man akṡara min istigfāri, ja'alallahulahu minkulli hammin fara jā, wa min kulli ḍīqim makhrajā, warazaqahu min ḥaiṡu lā yaḥtasib(u).

Artinya: Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhuma berkata, bersabda Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam: "Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya, dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka." (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh Al-Hakim serta Ahmad Syakir).


Dalam hadist di atas, bisa disimpulkan ada beberapa pelajaran penting yaitu:


1. Tidak diragukan lagi bahwa istighfar merupakan sebab terhapusnya dosa. Jika dosa telah terhapus maka akan memberikan dampak yang sangat luar biasa. Seseorang yang terampuni dosanya, ia akan mendapat rizki dan kebahagiaan dari setiap kesusahan dan kesedihan hidupnya.


2. Beristighfarlah dalam setiap nafasmu, maka Allah Ta'ala akan memberikan pertolongan di masa-masa sulitmu dengan jalan yang tidak pernah engkau duga.


3. Kita tidak perlu banyak berfikir saat ada masalah, tapi banyaklah beristighfar. Insya Allah pintu-pintu solusi akan terbuka lebar.


4. Sering kali ketika menghadapi masalah, kita terlalu mengandalkan kemampuan kita untuk memecahkannya tanpa melibatkan Allah Ta'ala. Padahal Allah Ta'ala hanya cukup mengatakan "Kun fayakun".


5. Jangan katakan engkau memiliki masalah besar, tetapi katakanlah bahwa engkau memiliki Allah Ta'ala yang Maha Besar untuk menyelesaikan masalah-masalahmu.

 

Apakah anda tertarik mendaftarkan anak anda di Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nur Hidayah? Kunjungi saja laman informasi Penerimaan Murid Baru (PMB) kami di tautan berikut ini: PMB SIT Nur Hidayah


Foto dari Freepik

Tags: #tsaqofah
POSTINGAN TERBARU
Dampak Dosa di Masa Depan

12-10-2024

Wahai saudaraku, jangan pernah meremehkan dosa, terutama dosa hablum minannas (dalam hubungannya dengan sesama manusia). Sebab ia akan berbalas walau masanya lama. Mungkin 40 tahun kemudian baru dirasakan efeknya.

Terlena

10-10-2024

Kita tidak pernah merasa kehilangan waktu dan kesempatan untuk menghasilkan pahala, maka 1000 tahun pun tidak akan pernah cukup bagi orang-orang yang terlena

Menjadi Suami Terbaik

23-09-2024

Suami terbaik adalah yang paling baik pada keluarganya, contohnya selalu membantu urusan istri di rumah. Membantu pekerjaan istri di rumah termasuk bentuk berbuat baik dari suami pada istri dan menunjukkan keluhuran akhlak suami.

Pelajaran dari Sebatang Pensil

23-09-2024

Pelajaran sebatang pensil, banyak perkara dan manfaat yang kita peroleh dari sebatang pensil. Begitu juga seharusnya kehidupan manusia, harus banyak menebar manfaat. Ada lima pelajaran dari sebatang pensil:

Keutamaan Istighfar

13-08-2024

Ingat! Jangan sampai salah niat dalam beristighfar. Niatkan beristighfar karena ingin bertaubat dan mengharap ridho Allah Ta’ala. Jika niat lurus, Insya Allah, kita akan dikagetkan dengan pemberian-pemberian Allah Ta’ala yang tak terduga-duga.

NurHidayah.ID